Rate this post

Cara Ganti Ban Forklift yang Sesuai

Semakin berjalannya waktu, kemungkinan besar Anda tidak merasa asing lagi dengan keberadaan kendaraan forklift. Kendaraan berat ini didukung oleh ban yang harus dipasang dengan sesuai sehingga bisa mengangkat beban dengan baik. Jika Anda masih belum mengetahui cara ganti ban forklift, perhatikanlah petunjuk yang ada di bawah ini.

 

Table of Contents

Cara Mengganti dan Memasang Ban Forklift

Cek Ban Terlebih Dahulu

 

Langkah pertama yang bisa dilakukan saat membahas cara ganti ban forklift yaitu dengan mengecek kondisi ban terlebih dahulu. Terkadang akan ada beberapa kondisi tertentu dimana ban tersebut sebenarnya terlihat baik-baik saja dari luar, namun setelah diperhatikan dengan lebih lanjut terdapat kerusakan tertentu.

Anda bisa mengeceknya dengan memegang seluruh permukaan ban secara perlahan, dan jangan lupa untuk memperhatikan apakah ada lubang atau bekas tertentu yang terlihat mencurigakan. Jika memang ada hal yang kurang lazim, maka sudah saatnya Anda harus mengganti ban forklift tersebut sehingga kendaraan bisa digunakan dengan tepat.

Identifikasi Konstruksi Tipe Ban

Apabila Anda sudah mengecek kondisi ban, maka cara ganti ban forklift yang selanjutnya yaitu dengan mengidentifikasi tipe ban yang ingin digunakan pada forklift. Cari tahu mengenai ukuran tekanan angin dan pelek yang Anda pakai, pastikan bahwa kedua hal tersebut memang sudah sesuai dengan kendaraan yang dimiliki.

Pelek yang biasanya digunakan untuk kendaraan forklift biasanya terdiri atas pelek yang berasal dari campuran besi tuang magnesium dan aluminium, namun ada juga yang terbuat dari pelek baja press. Tidak hanya itu saja, namun kendaraan forklift lebih tepat untuk menggunakan radial LUG dengan alas ban yang tidak terlalu kasar.

Lepas Ban

Langkah yang ketiga yaitu dengan melepas ban dari forklift menggunakan beberapa alat tambahan sehingga ban bisa dilepas dengan mudah. Biasanya, proses yang satu ini membutuhkan alat tertentu seperti dongkrak, tidak lupa disertai oleh tongkat penahannya. Pastikan bahwa keseimbangan penopang dan forklift yang dipasang memang sudah cukup kuat.

Pasang Ban

Langkah yang terakhir adalah proses pemasangan ban agar bisa dipasangkan kepada forklift dengan tepat. Untuk melakukan hal ini, Anda hanya perlu mengulang teknik pemasangan dalam urutan yang sudah dibalik. Hal ini berarti bahwa Anda bisa mengawalinya dengan cara memasukkan ban pada poros.

Setelah itu, kencangkan mur pada ban tersebut menggunakan alat yang tepat sehingga Anda mampu melanjutkan langkah selanjutnya seperti ketika sedang melepas ban forklift. Cara ganti ban forklift dan proses pemasangannya bukanlah hal yang sulit jika Anda melakukannya sesuai dengan instruksi yang sudah ditetapkan.

Teknik Pasang Tipe Ban untuk Kendaraan Forklift

  • Ban Polyurethane

Ban yang pertama digunakan untuk forklift ini hanya digunakan pada proses yang dilakukan secara indoor saja. Apabila Anda ingin mengangkat ban polyurethane, maka ban ini akan terasa sedikit ringan dan memberi traksi yang cukup baik.

  • Ban Pneumatic

Tipe ban ini lebih sering dipakai pada forklift yang bahan bakarnya memakai bensin ataupun diesel. Terkadang, ban pneumatic dipakai pada pekerjaan yang dilakukan di luar ruangan.

Itulah cara ganti ban forklift beserta pemasangannya kembali pada kendaraan berat yang praktis itu. Apabila Anda merasa bahwa ban forklift sudah tidak layak lagi untuk dipakai pada kendaraan, baik itu terdapat aus atau kerusakan tertentu, segeralah mengganti ban tersebut dengan ban yang lebih baru dan aman.

Kembali ke Ban Forklift.